Home » Informasi » Berita

Berita

BPPT Pertanyakan Legalitas Pembangunan di Kawasan Bandung Utara

01 November 201232Penulis : pikiran rakyat

BANDUNG, (PRLM).- Pembangunan sejumlah perumahan-perumahan dan bangunan baru di Kawasan Bandung Utara, diduga kuat belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Jika memiliki IMB, diduga kuat tidak sah karena tidak melalui cara-cara yang benar.

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Jawa Barat Achmad Sofyan Sastrawirya menuturkan, setiap IMB untuk KBU, harus melalui rekomendasi Pemprov. Jabar melalui BPPT Jabar. "Rekomendasi dari gubernur atau pemprov ini adalah syarat teknis yang harus dipenuhi sebelum dikeluarkannya IMB. Jika tidak dapat rekomendasi, bagaimana bisa keluar IMB-nya," katanya kepada wartawan, Rabu (4/4/12) siang.

Itu sebabnya, Sofyan mempertanyakan legalitas perusahaan-perusahaan yang melakukan pembangunan di KBU, dalam beberapa bulan terakhir. "Coba tanya perusahaan-perusahaan yang sedang membangun di KBU sekarang. IMB-nya ada atau tidak? Punya rekomendasi dari kami atau tidak. Coba tanyakan ke pemkot dan pemkab, mana saja pembangunan di KBU yang sudah memegang rekomendasi dari BPPT," katanya.

Sofyan menuturkan, BPPT tidak mengeluarkan izin atau rekomendasi semata-mata meningkatkan investasi. Untuk KBU khususnya, BPPT lebih mengedepankan aspek pengendalian lingkungan hidup. "Kawasan itu punya aspek yang besar dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup juga sebagai resapan air. Kami sangat hati-hati soal ini," katanya. (A-128/A-88)***

Dibaca : 2848 kali | Sumber : pikiran rakyat | File :

Share |
Berita Lainnya
‹ First  < 7 8 9 10 11 >  Last ›