Home » Informasi » Berita

Berita

BPPT Akan Permudah Izin Usaha

18 November 201240Penulis : (win)

Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Provinsi Jawa Barat

TRIBUNNEWS.COM   BANDUNG, - Masalah perizinan masih menjadi kendala bagi dunia usaha, tak terkecuali di Jawa Barat. Guna mengatasi masalah itu, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Jabar melakukan berbagai langkah.

"Tujuannya, tidak lain untuk memberikan kemudahan bagi kalangan dunia usaha di Jabar," kata Kepala Bidang Monev dan Pengaduan BPPT Jawa Barat, Drs H Dhani Suherlan MM, Sabtu (17/11/2012).

Dhani mengatakan ada beberapa langkah strategis dilakukan jajarannya berkaitan dengan pemberian kemudahan perizinan bagi dunia usaha. Di antaranya, penyempurnaan Peraturan Gubernur Jabar, SOP, dan kerangka peraturan-peraturan pelaksanaan lainnya.

"Itu menjadi bagian upaya kami dalam melakukan pembenahan tata kelola perizinan yang berefek pada pelayanan publik," ujar Dhani.

Menurut Dhani, lamanya mengurus perizinan dan tarif membuat izin usaha, masih menjadi perhatian dalam pelaksanaan sistem serta mekanisme perizinan. Menurutnya, soal perizinan memang merupakan hal yang kompleks.

"Perlu kajian teknis dan secara otomatis perlu adanya keterlibatan sejumlah satuan kerja perangkat daerah yang merupakan tim teknis perizinan. Tapi rekomendasi tim teknis perlu waktu. Soalnya setiap bidang perizinan punya kajian masing-masing," ujarnya.

Berkaitan dengan adanya komitmen mengenai jangka waku selama 14 hari, Dhani mengatakan hal itu tetap menjadi acuan. "Memang soal waktu pengurusan izin masih menjadi kendala. Walau begiu, kami terus berupaya menyelesaikan proses perzinan tepat waktu," ujar Dhani.

Soal perizinan yang butuh perhatian khusus, misalnya yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan hidup, menurut Dhani, memerlukan pengkajian khusus sekaligus butuh kecermatan agar tidak menimbulkan efek negatif.
"Contohnya izin untuk pembangunan di KBU (Kawasan Bandung Utara, Red). Itu butuh kajian yang memiliki tingkat kecermatan tinggi karena berkaitan dengan kondisi lingkungan serta efeknya yang cukup besar," kata Dhani.

Tentang tarif perizinan, Dhani mengatakan hal tersebut juga menjadi fokus perhatian publik. Berkaitan dengan tarif, ujar Dhani, pihaknya menerapkan standar zero gratification. "Semuanya sesuai tarif yang berlaku. Ini demi terciptanya sistem yang bersih," katanya. (win)

Dibaca : 3173 kali | Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/11/18/bppt-akan-permudah-izin-usaha | File :

Share |
Berita Lainnya
‹ First  < 9 10 11 12 13 >  Last ›